|
find us on : 
Home > MELITER > Pangkoarmada II: Perwira Remaja Harus Jadi Perwira Bertanggung Jawab dan Terdidik

Pangkoarmada II: Perwira Remaja Harus Jadi Perwira Bertanggung Jawab dan Terdidik

Reporter : www.jurnaljakarta.com | 09 November 2018 | 23:54:43
dibaca | 298 Kali
JurnalJakarta.com | Istimewa

JurnalJakarta.com - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II Ny. Dien Mintoro Yulianto, menghadiri acara penerimaan Perwira Remaja Akademi Angkatan Laut LXIII Tahun 2018, bertempat di Dermaga Madura Ujung Mako Koarmada II, Surabaya, Kamis (08/11/2018).

Mengawali acara dengan Pembacaan ikrar oleh perwakilan Paja di lanjutkan dengan prosesi penyiraman Tirta Surya Fajar Putra Samudera oleh Pangkoarmada II didampingi KDJA II, usai mengikuti acara penyiraman di lanjut dengan sambutan Pangkoarmada II.

Dalam sambutannya Pangkoarmada II menyampaikan beberapa perhatian kepada para perwira remaja sebelum kalian melaksanakan tugas pengabdian sebaga seorang pemimpin di kesatuannya nanti.

"Keberhasilan suatu organisasi TNI Angkatan Laut salah satunya dipengaruhi oleh faktor Sumber Daya Manusia (SDM), karena untuk mewujudkan personel TNI Angkatan Laut yang bermoral dan profesional sesuai dengan tuntutan dan perkembangan organisasi harus dibekali dengan ilmu pengetahuan dan teknologi", jelasnya.

"Seorang Perwira mampu bertindak sebagaI pemimpin dan manajer dalam kedinasan, dituntut keteladanan dalam sikap dan tindakan serta mampu memotivasi bawahannya dalam setiap pelaksanaan tugas", tegasnya.

Perwira remaja, lanjut Pangkoarmada II, juga dituntut untuk memahami dan mengembangkan fungsi manajemen dalam organisasi, sehingga apa yang menjad tujuan pokok dalam organisasi dapat tercapai dengan baik.

"Oleh karena itu kalian harus mampu mengembangkan inovasi, loyalitas, dedikasi dan kreatifitas agar mampu menciptakan iklim yang kondusif dalam lingkungan kerja. Hal ini akan terlihat jelas dengan terjalinnya interaksi yang harmonis, kerja sama dan koordinasi antar personal", katanya.

Untuk mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, di samping ditunjang oleh kesiapan alutsista, juga perlu personel yang berkualitas, diantaranya adalah Perwira TNI Angkatan Laut yang berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, dan Profesional yang dilandasi dengan etika dan moral yang baik dalam segala bidang.

Selanjutnya Pangkoarmada II mengatakan bahwa, Perwira TNI Angkatan Laut diharapkan menjadi Perwira yang bertanggung jawab dan terdidik, sehingga dapat memotori terwujudnya kemajuan TNI Angkatan Laut di masa mendatang.

"Kode etik Perwira Budhi Bhakti Wira Utama harus menjadi nilai moral dan spiritual yang kuat melekat dalam jiwa untuk mengimplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan wajib TNI serta Trisila TNI Angkatan Laut dalam setiap pelaksanaan tugas", paparnya.

"Keahlian dan kemampuan yang dimiliki harus dibangun di atas pilar-pilar kebangsaan dan nilai-nila keprajuritan, sebagai langkah antisipatif terhadap perkembangan era Globalisasi yang sangat berpengaruh terhadap peran, fungsi, dan tugas para perwira", tambahnya.

"Oleh karena itu, para perwira harus menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan memperluas wawasan serta dituntut melengkapi diri dengan berbagai kemampuan untuk berpacu dengan perubahan", ujar Pangkoarmada II.

Pangkoarmada II berharap agar para Perwira remaja mampu memelihara dan meningkatkan budaya belajar dan berlatih secara mandiri, untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan.

"Sebagai wujud profesionalisme, para perwira akan mampu menghadirkan kerja cerdas dan dapat mengembangkan diri secara optimal bagi pelaksanaan tugas. Ini harus disadari sepenuhnya, karena para Perwira sekalian hadir bukan sekedar sebagai pelengkap melainkan sebagai bagian Integral dari kemampuan dan kekuatan TNI khususnya TNI Angkatan Laut", harapnya.

Turut Hadir dalam acara tersebut diantaranya Asisten Pangkoarmada II beserta istri, Kasatker Mako Koarmada II beserta istri dan Komandan Unsur di Pangkalan Surabaya. (Bgs)